07 Mei, 2007

Indonesia, Go Open Source !!!


Suatu upaya nasional dalam rangka memperkuat sistem teknologi informasi nasional serta pemanfaatan perkembangan teknologi informasi global melalui pengembangan dan pemanfaatan Open Source Software (OSS).

Open Source Software (OSS)

Perangkat lunak yang dikembangkan secara bersama-sama, menggunakan kode program (source code) yang tersedia secara bebas, serta dapat didistribusikan.

1. Perangkat lunak dapat didistribusikan bebas disertai kode program.
2. Dapat dimodifikasi dan dikembangkan lebih lanjut secara bebas.
3. Tidak ada perbedaan lisensi perorangan dan kelompok.
4. Dapat berupa OSS pada Operating System (Linux) atau aplikasi lainnya.

Open Source Software, bukan sekedar produk yang dapat menggantikan software-software mahal, tetapi lebih pada terbukanya peluang berinovasi dengan kode-kode yang terbuka untuk dikembangkan menjadi berbagai aplikasi lainnya.

Open Source Software sendiri merupakan software yang berbasis pada kode-kode terbuka, dapat dimanfaatkan siapapun dan dikembangkan secara gratis. Ini membedakan dengan software proprietari yang dijual dengan harga puluhan hingga ribuan dolar AS.(Sumber: Kusmayanto Kadiman)

Hal penting dari migrasi ke Open Source Software adalah perlunya meninggalkan software ilegal menuju software yang legal. Dengan dikembangkannya Open Source Software, masyarakat bisa memilih mau yang proprietari tetapi mahal atau yang produk Open Source Software yang gratis, keduanya sama-sama legal. Jadi yang penting yakinkan bahwa Open Source Software itu adalah pilihan cerdas.(Sumber: Cahyana Ahmadjayadi)

Mari bulatkan tekan dan satukan langkah kita songsong masa depan Indonesia yang cerdas dan berwibawa dengan menggunakan software legal.

Info Lanjutan, baca di :
http://www.igos.web.id/
http://www.lapanrs.com/IGORS/index.php

0 komentar: