28 September, 2007

GNOME versi 2.2 Diluncurkan

Komunitas GNOME mengumumkan peluncuran versi terbaru dari GNOME setelah enam bulan dalam pengembangan. GNOME, salah satu solusi desktop environment yang paling banyak digunakan pada Linux dan platform open source lainnya. GNOME dengan versi 2.20 mencakup sejumlah feature dan pengembangan baru yang akan semakin memudahkan pengguna, administrator, dan juga para pengembang.

Feature image viewer dari GNOME mengalami perubahan yang signifikan dengan ditambahkannya interface koleksi gambar dan menu “Open With”. File Manager Nautilus sekarang telah menyediakan tampilan kapasitas hard disk dalam bentuk pie chart pada dialog File Properties. Integrasi pencarian desktop yang pertama kali muncul pada GNOME versi 2.14 sekarang telah ditambahkan pada dialog File Properties GNOME.





GNOME 2.2 juga telah mengalami peningkatan kinerja dalam hal manajemen sumber daya pada komputer notebook. GNOME Power Manager akan memonitor konsumsi daya Anda setiap waktu guna mengkalkulasi secara akurat berapa daya tersisa pada notebook Anda. Dukungan enkripsi juga sangat dikembangkan pada versi 2.2 ini, dengan perangkat enkripsi file yang terintegrasi dengan GNOME Keyring.

Evince, pembaca dokumen milik GNOME, mengalami peningkatan kinerja dan telah mendukung editing PDF secara interaktif. Sistem manajemen codec yang baru di video player Totem memungkinkan distro-distro Linux untuk menambahkan sendiri mekanisme untuk instalasi codec secara otomatis.

Para pengembang GNOME telah memulai proses untuk menyatukan berbagai macam utilitas GNOME ke dalam satu aplikasi. Pada rilisan ini, sejumlah applet konfigurasi berkaitan dengan font dan tampilan dari GNOME telah digabung menjadi satu utilitas. Untuk utilitas konfigurasi lainnya akan mulai digabungkan satu persatu pada rilisan GNOME berikutnya.

Rilisan GNOME versi 2.2 ini secara kebetulan bertepatan dengan 10 tahun kemunculan GNOME. Proyek ini telah berevolusi secara bertahap dan telah menjadi salah satu fenomena di dunia open source. GNOME dipakai sebagai desktop environment default untuk pelbagai distribusi Linux seperti Ubuntu dan Fedora. GNOME juga banyak digunakan oleh pengguna desktop di Linux dan didukung oleh komunitas yang berisi hobbyist dan perwakilan dari korporat. GNOME 2.2 akan dipaketkan pada sejumlah distribusi Linux, termasuk Ubuntu versi 7.10 yang dijadwalkan akan dirilis di bulan Oktober 2007 nanti.

Source: Arstechnica
Author: Patrick Gerard (RP)