07 Januari, 2013

Tips Cara Setting USB 2.0 ke USB 1.1

Tips Cara Setting USB 2.0 ke USB 1.1

Pada saat membuat kabel USB extender yang mungkin panjangnya di atas 10 meter ada baiknya kita merubah settingan USB yang kita gunapan pada komputer kita. Knapa? salah satu alasannya yaitu agar jangkauan dari USB bisa lebih panjang. Hal ini disebabkan karena dengan menurunkan versi USB 2.0 ke USB 1.1 otomatis kecepatan transfer dari USB akan turun, dengan demikian power yang digunakan juga akan lebih kecil sehingga power yang diambil dari komputer bisa digunakan untuk jarak yang lebih jauh. Ini berlaku sesuai hukum kekekalan energi. Pada USB 2.0 kecepatan lebih besar dari USB 1.1 sehingga untuk transfer data yang cepat tersebut menggunakan energi yang sangat besar, otomatis hal ini akan berbanding terbalik dengan jarak jangkauannyaa….begitu juga sebaliknya.

Hukum kekekalan energi ini juga berlaku apabila kita men-setting perangkat wireless. Jika kita ingin jangkauan wireless kita lebih jauh dari biasanya…kita bisa setting kecepatan transfer datanya diturunkan…misal dari 54 Mbps ke 11 Mbps…sehingga otomatis powernya akan bisa menjangkau yang lebih jauh. Disamping itu juga supaya wifi bisa lebih jauh kita bisa menggunakan channel dengan frekuensi lebih kecil karena semakin kecil frekuensi semakin jauh jangkauannya…bandingkan saja jangkauan radio AM, radio FM, GSM, CDMA, Wifi, dll. Bila perlu hitung saja pake rumusnya. hohoho. Semoga bermanfaat!

Cara konversi USB 2.0 ke USB 1.1
Cara 1 : Lewat BIOS
masuk ke BIOS –> Tab Advanched –> USB Configuration –> High-Speed USB –> Disabled
Note : tergantung versi masing2 BIOS [BIOS punya saya caranya gituh]
Cara 2 : Lewat Windows
My Computer –> Properties –> Tab Hardware –> Device Manager –> Universal Serial Bus Controllers –> Intel(R) 82801FB/FBM USB2 Enhanched Host Controller – 265C –> Klik kanan –> Disable –> Yes
Note : Intel(R) adalah punya saya, kalo Anda pake AMD mungkin beda, kata kuncinya adalah Enhanched

cara lain untuk merubah settingan usb 2.0 ke usb 1.0 adalah sebagai berikut :

klik kanan My Computer yg ada di desktop > klik propertis > klik hardware > Pilih device manager > Cara merubah settingan Dari USB 2.0 menjadi atau ke USB 1.0 , bisasanya dilakukan untuk melakukan perpanjangan kabel usb (biasanya untuk modem supaya dapat sinyal yg lebih baik) .
bisa dengan setting lewat bios , namun tidak di semua komputer ada settingan untuk merubah usb 2.0 ke usb 1.0 di bios , contohnya di komputer saya sendiri tidak ada settingan tersebut di bios .
cara lain untuk merubah settingan usb 2.0 ke usb 1.0 adalah sebagai berikut :

klik kanan My Computer yg ada di desktop > klik propertis > klik hardware > klik device manager > klik universal Serial Bus Controllers >
pilih USB2 Enhanced Host Controller dan klik kanan terus disable > restat komputer

nah jika berhasil maka akan terlihat seperti pada gambar , saya sendiri melakukan cara ini untuk memasang modem 3G dengan perpanjangan kabel USB , karena jika menggunakan USB 2.0 atau high speed usb maka modem sering drop atau bahkan tidak terdeteksi oleh komputer .
tp jika menggunakan usb 1.0 meskipun kabel usb nya panjang modem tetap bisa terdeteksi oleh komputer .

Sumber : http://www.accgreenstar.net/menu.php?idx=51

0 komentar: