10 April, 2007

Ingin lebih Praktis? Gunakan ‘Keyboard Virtual’

Persaingan teknologi antara perusahaan-perusahaan raksasa dalam peralatan komputer praktis memang semakin ketat. Semakin mudah, efisien, dan penggunaannya dimana saja, menjadi prioritas utama pengadaan benda-benda teknologi tersebut. Sebut saja seperti laptop super mini yang bisa dibawa kemana-mana dengan ukuran wide, atau juga penggunaan komputer dalam mobil pribadi antum. Kini, diciptakan salah satu perangkat praktis untuk pelengkap komputer, yaitu keyboard virtual agar antum tidak lagi repot membawa perangkat kumpulan tuts tersebut kemana-mana.

Keyboard Virtual adalah salah satu fitur untuk program komputer atau program itu sendiri yang dapat berperan virtual sebagai kontrol, dengan beberapa tombol atau tuts yang ada pada keyboard biasa.

Dalam dunia PC dekstop, program windows XP, keyboard virtual atau yang disebut juga On-Screen Keyboard, berkerja secara virtual bukan hanya sebagai keyboard, melainkan juga sebagai mouse.

Untuk pengoperasian Personal Data Assistant (PDA), biasanya user atau pengguna, memasukkan teks melalui pengetikan di keyboard virtual yang sudah ter-setting dalam sistem operasi PDA. Sedangkan untuk Virtual Keyboard dengan teknologi tinggi, penggunaan keyboard dibuat hanya melalui cahaya yang muncul. Cahaya yang dimunculkan hanya perlu diproyeksikan pada semua permukaan datar.

Penggunaan keyboard virtual ini sangat ideal untuk digunakan di luar angkasa. Sensor akan terbaca via infra merah, sesuai dengan apa yang kita ketik pada keyboard tersebut.

Cara Kerja Keyboard Virtual :

Sinar laser akan menampilkan bentuk keyboard sesuai dengan level permukaan yang dibiaskan;

Bias infra merah yang transparan akan diproyeksikan menjadi keyboard virtual;

Pengetikan yang dihasilkan melalui jari, akan menimbulkan key-stroke. Penekanan oleh jari inilah yang menyebabkan pertemuan antara pancaran dan sinar infra merah secara bersamaan, yang menghasilkan refleksi langsung ke proyektor;

Refleksi infra merah akan melewati penyaring infra menuju kamera;

Kamera lantas mengambil gambar sesuai dengan penangkapan dari infra merah;

Chip dan Sensor akan memperbaiki letak pancaran infra merah yang rusak, kemudian menerjemahkannya dalam koordinat;

Karakter-karakter yang tercipta akan tampil pada layar, dengan menggunakan koordinat yang diterima secara wirelessly atau tanpa kabel.

Dimana saja dan kapan saja, selain praktis, keyboard virtual ini bisa disambungkan dan digunakan melalui PDA, saluran telepon, laptop, pc tablet, perlengkapan peralatan diluar angkasa, untuk daerah industri, dalam kendaraan, baik udara, air, maupun darat. Produk ini juga lebih steril dibandingkan penggunaan keyboard manual.

Keuntungan lainnya, keyboard jenis ini bisa digunakan oleh orang-orang yang tidak biasa menggunakan keyboard biasa karena keterbatasan psikis.

Sumber : http://www.virtual-laser-keyboard.com/

0 komentar: